Tugas Esay Bab 2 Algoritma

 Pertanyaan

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perlindungan algoritma?

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

 

Jawaban :

1.    1. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.

Algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

 

2.    2. Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri   dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi.

-          Bagan alir atau flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan

-          Pseudocode yaitu metode penulisan algoritma yang penampilannya menyerupai bahasa pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut, namun masih dapat dipahami.

 

3.    3. Jalankan program RoboMind. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.

 Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right. Tambahkan  huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting. Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2). Tambahkan huruf A dan A ( ). Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi. Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut. Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

 

4.    4. Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Variabel atau peubah adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program

 

5.   5.  Penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari-hari

 



 

6.    6.  Boolean = pilihan benar atau tidak

-          Nomor = Integer atau angka bulat

-           String = huruf

Data di scratch sama saja dengan variabel yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman

 

7.    7. Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika.

 

Tipe Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika.

 

8.    8. = Menulis AYA

 

START

 

MOVE 'Posisi Awal'

 

WRITE 'A'

 

MOVE 'Posisi Awal'

 

WRITE 'Y'

 

MOVE 'Posisi Awal'

 

WRITE 'A'

 

END

 

9.    9. Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

 

Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE (benar) dan FALSE (salah). Tipe data boolean sering digunakan sebagai operator dalam membuat alur logika program. Di dalam Javascript suatu tipe data dapat berubah sifatnya menjadi tipe data lain, tergantung kapan digunakan.

 

      10 . = Menulis AY

 

START

 

MOVE 'Posisi Awal'

 

WRITE 'A'

 

MOVE 'Posisi Awal'

 

WRITE 'Y'

 

END

 

 

 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Akhr Bab 2

Latihan Akhir Bab 4 Informatika

Rangkuman Bab 4