Tugas Esay Bab 2 Algoritma
Pertanyaan
1. Apakah yang dimaksud
algoritma dan perlindungan algoritma?
2. Ada 2 cara yg dapat
digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan
dengan benar!
3. Bagaimana cara
memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
4. Apa yang dimaksud
dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
5. Bagaimana cara
menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
6. Jelaskan tiga tipe
data yang dapat digunakan di scratch!
7. Jelaskan perbedaan
antara tipe data numerik dengan teks!
8. Tuliskan algoritma
untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
9.Jelaskan tujuan tipe
data boolean digunakan!
10.Tuliskan kode
program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawaban :
1. 1. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk
penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara
berurutan.
Algoritma
pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah
pemrograman komputer.
2. 2. Cara
deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini
terdiri dari tiga bagian yaitu judul,
deklarasi, dan deskripsi.
-
Bagan
alir atau flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis
dalam bentuk bagan urutan
-
Pseudocode
yaitu metode penulisan algoritma yang penampilannya menyerupai bahasa
pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut, namun masih dapat dipahami.
3. 3. Jalankan program RoboMind. Untuk memilih map yang
sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.
Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini
OpenArea. Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang,
seperti huruf A, M, dan R. Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.
Tambahkan huruf I, Paintwhite, Forward (2),
dan StopPainting. Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2). Tambahkan
huruf A dan A ( ). Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang
ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi. Untuk melihat apakah
kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut. Jika program sudah
berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.
4. 4. Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki
oleh sebuah data. Variabel atau peubah adalah obyek yang nilainya dapat
berubah-ubah dalam sebuah program
5. 5. Penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari-hari
6. 6. Boolean = pilihan benar atau tidak
-
Nomor =
Integer atau angka bulat
-
String = huruf
Data
di scratch sama saja dengan variabel yang dapat digunakan dalam bahasa
pemrograman
7. 7. Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari
angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika.
Tipe
Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a –
z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses
secara matematika.
8. 8. = Menulis AYA
START
MOVE
'Posisi Awal'
WRITE
'A'
MOVE
'Posisi Awal'
WRITE
'Y'
MOVE
'Posisi Awal'
WRITE
'A'
END
9. 9. Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan
kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah
kondisi terjadi.
Tipe
data Boolean adalah tipe data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE (benar)
dan FALSE (salah). Tipe data boolean sering digunakan sebagai operator dalam
membuat alur logika program. Di dalam Javascript suatu tipe data dapat berubah
sifatnya menjadi tipe data lain, tergantung kapan digunakan.
10 . = Menulis AY
START
MOVE
'Posisi Awal'
WRITE
'A'
MOVE
'Posisi Awal'
WRITE
'Y'
END
Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik.
ReplyDelete